Imparsial: BNPT Tak Boleh Punya Kewenangan Penindakan Terorisme

KIBLAT.NET, Jakarta- Direktur Imparsial, Al Araf menegaskan bahwa Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) jangan sampai memiliki kewenangan untuk penindakan kasus terorisme.

“Jangan sampai BNPT memiliki kewenangan penindakan operasional dalam penanganan terorisme. Penindakan penanganan teroris tetap dilaksanakan pihak kepolisian untuk konteks penegakan hukum mengatasi terorisme,” kata Al Araf di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta pada Selasa (03/10)

“Sedangkan intelijen dalam konteks fungsi operasi pencerahan, Militer dalam kontek operasi militer selain perang,” sambungnya.

Ia juga memaparkan bahwa BNPT hanya memiliki tiga fungsi. Pertama, BNPT menjadi lembaga yang merumuskan tentang penanggulangan terorisme dan merekomendasikan kepada Presidendan di dalam RUU antiterorisme.

Yang kedua, tugas BNPT adalah melakukan koordinasi antar lintas institusi yang memiliki otoritas untuk melakukan kerja penanggulangan terorisme, koordinasi dengan BIN,TNI,Polri, Bea cukai, Imigrasi semua koordinasi.

“Ini hanya bisa koordinasi kalau levelnya BNPT setingkat kementerian, ini perlu dikaji dan perlu pendalaman,” paparnya.

Dan yang terakhir fungsi BNPT adalah untuk melakukan aspek pencegahan. BNPT, kata dia, melakukan itu dengan melibatkan instrumen kelembagaan lain.

 

 

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Imam S.

Bagikan :
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *