Rencana Anggaran Pertahanan Naik Rp300 Triliun, Imparsial: Keinginan Prabowo Luar Biasa

Indonesiainside.id, Jakarta – Salah satu sektor sentral dalam upaya transformasi pertahanan di Indonesia adalah anggaran pertahanan. Salah satu program Minimum Essential Force (MEF) adalah peningkatan anggaran pertahanan.

Untuk itu, Pemerintah mengalokasikan dana MEF (2010-2024) sebesar Rp471 triliun yang terdiri atas pengadaan sebesar Rp332 triliun dan pos pemeliharaan dan perawatan sebesar Rp 139,3 triliun. Besaran dana yang disiapkan ini merujuk pada spektrum ancaman yang meliputi terorisme, separatisme, perbatasan dan pulau terluar, bencana alam, dan beragam kegiatan ilegal.

Dalam bincang diskusi ‘Evaluasi Satu Dekade Transformasi Pertahanan di Indonesia 2010-2019’ yang diadakan pada Senin (16/12), Direktur Imparsial, Al Araf mengkritisi rencana kenaikan anggaran alutsista tersebut.

“Kementerian Pertahanan belum bisa tergambar arah orientasinya. Tetapi secara imajinasi dan keinginannya luar biasa ingin menaikan anggaran sampai Rp300 triliun, dua kali lipat ataupun peningkatan lainnya, tetapi secara orientasi saya belum melihat akan dirancang seperti apa. Apakah akan melanjutkan kebijakan sebelumnya? Ataukah dia akan membangun orientasi pertahanan yang baru?” ungkap Araf.

 

Oleh: Anisa Tri K

Bagikan :
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *